27 Mei, 2008

USU dan Empat PTN Gelar Ujian Masuk Bersama

JAKARTA-SK: Pada tahun akademik 2008/2009 mendatang, Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara/P-SPMBN tidak menyelenggarakan tes untuk seleksi mahasiswa baru secara nasional. Mereka justru akan melakukan test masuk bagi peminat PTN tersebut, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, dan Universitas Hassanuddin Makassar.

"UMB ini pasti banyak peminatnya," kata Ketua P-SPMBN Asman Budi Santoso di Jakarta, Senin (26/5).

P-SPMBN menyelenggarakan tes dan memberi skor, sedangkan rektor akan menyeleksi dan menerima mahasiswa. P-SPMBN menyelenggarakan ujian dengan metode prediktif yang akan memperkirakan keberhasilan studi di PTN dan dapat membedakan antara siswa pandai dan tidak. Metode unggulan dengan tingkat kepercayaan tinggi ini telah diterima sebagai tes utama dalam penerimaan mahasiswa baru di dunia, khususnya Amerika Serikat.

Sesuai dengan keinginan PTN untuk mendapatkan siswa terpandai dari seluruh pelosok tanah air, maka telah dibuka akses yang luas. Dengan cara ini P-SPMBN membuka kesempatan sama dan kompetisi yang adil bagi lulusan SMA tanpa menghilangkan hak warga negara untuk melanjutkan pendidikan tinggi di PT ternama.

Harga formulir pendaftaran untuk kelompok IPA/IPS Rp 175.000, dan IPC Rp 200.000. Peserta dapat melakukan pembayaran mulai 27 Mei-4 Juni 2008 di cabang BNI di seluruh Indonesia dan mengikuti UMB di kota Medan, Padang, Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Bila diperlukan akan disediakan tempat ujian seperti di Manado, Ambon, dan Jayapura.

Pendaftaran dapat dilakukan di panitia lokal terdekat. Ujian tulis akan berlangsung 7-8 Juni 2008 dan pengumuman melalui media elektronik (website) 21 Juni 2008. Program studi IPA ada 123 dengan daya tampung 5.578 kursi, dan IPS 136 program studi dengan daya tampung 5.094 kursi.

"Kami menyerahkan pelaksanaan tes kepada P-SPMB karena mereka telah memiliki perangkat. Kalau semua kami yang mengurus, pasti akan kewalahan," kata rektor UI Gumilar R Soemantri.

Selain melalui UMB, umumnya PTN juga mengge lar ujian masuk melalui beberapa cara, yakni Penelusuran Minat dan Kemampuan, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, kerjasama Pemerintah Daerah dan industri, serta program Mandiri. (kcm)