28 April, 2008

Banyak PNS Pemko Siantar Jarang Ngantor Tetapi Tetap Digaji

Bukti Kebobrokan Pemko

SIANTAR-SK: Disinyalir banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Siantar tidak pernah masuk kantor tetapi tetap mendapatkan gaji setiap bulannya. Anehnya sejumlah mantan Kadis dan Kakan yang tidak menduduki jabatan (dinonjobkan) tidak diketahui di bagian mana ditempatkan.

Menurut Ketua Government Monitoring (GoMo) M Alinafiah Simbolon, Selasa (22/4), hal tersebut sudah berlangsung lama dan tidak ada tindakan tegas dari Pemko Siantar.

“Banyak ditemukan di sejumlah instansi para PNS yang tidak pernah ke kantor tetapi mendapatkan gaji,” ungkapnya.

Alinafiah menilai PNS seperti itu harusnya diberikan sanksi oleh pemko karena tidak melaksanakan fungsinya sebagai seorang PNS. “Ini namanya pemborosan anggaran dan bukti bobroknya manajemen pemko,” terangnya.

Namun, Alinafiah mengatakan hal tersebut dipicu karena tidak adanya perencanaan pemko untuk menempatkan PNS yang tidak mendapatkan jabatan. “Akibatnya banyak PNS yang bingung mau kerja dimana, akhirnya mereka malas ke kantor,” tukasnya.

Dia juga sangat menyayangkan tidak adanya pola perencanaan pemko untuk menempatkan PNS di bidang kerjanya masing-masing. Untuk itu dia berharap adanya ketegasan dari pemko terhadap sejumlah PNS yang tidak melaksanakan fungsi dan jabatannya sesuai aturan. Sementara itu Kepala BKD Morris Silalahi yang dikonfirmasi mengenai PNS yang jarang ke kantor, tidak berada ditempatnya. (jansen)