23 April, 2008

PKS Tetap Sulit Menang di Pilpres 2009

JAKARTA-SK: Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai kemenangan PKS di sejumlah pilkada tidak menjamin partai tersebut memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009. Pasalnya, popularitas tokoh yang di PKS masih rendah.

"Terlalu dini dan kurang tawadhu (rendah hati) kalau PKS yakin menang dalam Pilpres hanya karena memenangkan Pilkada Jabar dan Sumut," katanya di Jakarta, Minggu (20/4).

Qodari menambahkan, kemenangan PKS pada Pilkada Jabar dan Sumut hanya kebetulan atau "trend" (kecenderungan) pemilih di dua provinsi itu menginginkan alternatif calon lain. Untuk menguji kesuksesan PKS mesti menunggu kinerja di beberapa Pilkada yang akan digelar seperti, Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Bali, NTT, dan Maluku.

Menurut dia, untuk memenangkan Pilpres, selain mesin partai harus berjalan maksimal, keberadaan figur sangat penting. Dia mengatakan popularitas mantan Presiden PKS Hidayat Nurwahid dan Presiden PKS Tifatul Sembiring masih terbatas. "Kalau mau maju harus bergandengan dengan tokoh yang sudah sangat populer," terangnya. (oz)